CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 01 Februari 2012

DONOR DARAH MEMBANGUN SOLIDARITAS MASYARAKAT


Rabu, 30 Januari 2012 ada hal yang  berbeda di lingkungan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, tepatnya di poliklinik kampus. Di sana sedang diadakanmya donor darah yang dilaksanakan oleh UKM PMI. Donor darah seperti ini sering diadakan setidaknya setiap enam bulan sekali di berbagai tempat. Selain untuk pelatihan kader UKM PMI itu sendiri, acari ini adalah salah satu rangkaian dari acara-acara yang deselenggarakan untuk memperingati sumpah pemuda. Acara donor darah ini diadakan selama tiga hari terhitung dari tanggal 25-30 Januari.
Pendonor pada hari pertama kali ini adalah sebagaian besar para mahasiswa dan mahasiswi UIN Sunan Kalijaga, namun acara ini dibuka untuk umum yang dilayani pada jam 08.00-14.00 WIB. Para pendonor sangat antusias mengikuti acara donor darah ini. Semua itu tercermin dari banyaknya peserta dan panjangnya antrian yang terjadi di poliklinik kampus. walaupun lamanya antrian, namun tidak mengurangi niat pendonor untuk tetap berpartisipasi.
Menurut panitia, acara seperti ini akan sering diadakan untuk melatih rekan-rekan untuk berbagi kepada saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan. Menurut Faiz, mahasiswa FUSAP UIN Sunan Kalijaga,”acara ini seharusnya sering diadakan untuk latihan berbagi”. Sedangkan menurut ilmu kedokteran, donor darah juga baik untuk badan. Hal itu bisa terjadi karena darah dalam tubuh kita harus perlu diperbaharui sehingga sirkulasi darah berjalan dengan lancar. Banyak para pendonor yang mengaku baru pertama kali mengikuti donor darah. Dari begitu banyaknya peserta ternyata ada yang tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan-perempuan yang tidak memenuhi syarat dan alhasil membuat mereka kecewa.
Sedangkan darah para pendonor yang telah terkumpul rencananya akan langsung dikelola oleh PMI Yogyakarta untuk dijadikan persediaan darah. Terpancar raut bangga yang ditujukan oleh Petugas PMI Yogyakarta yang datang disela-sela acara tersebut. Mereka sangat bangga terhadap kontribusi mahasiswa yang tergerak hatinya untuk menggadakan acara seperti ini. Mereka juga akan selalu mendukung acara donor darah yang diadakan oleh rekan-rekan mahasiswa. Mereka pun tak lupa memeberikan pesan untuk selalu berbagi, salah satunya dengan donor darah.

0 komentar:

Posting Komentar